Bunyi Hukum Newton 1, 2 dan 3, gaya berat dan gaya normal lengkap dengan penjelasan

               selamat malam guys kali ini saya akan memaparkan materi hukum newton dengan singkat dan jelas ya guys. berikut penjelasannya: 
A.   Hukum Newton
1.    Hukum I Newton
“ Bila resultan gaya- gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol, atau tidak ada gaya yang bekerja pada benda, maka benda itu akan diam (tidak bergerak) atau akan bergerak lurus beraturan dengan kecepatan konstan”.
2.     Hukum II Newton
  “ Percepatan sebuah benda berbanding lurus dengan gaya yang bekerja pada benda itu dan berbanding terbalik dengan massa benda itu. Arah percepatan sama dengan arah gaya yang bekerja padanya”.
F = m x a
3.    Hukum III Newton
  “ ketika benda pertama memberikan gaya pada benda kedua, benda kedua juga memberikan gaya yang sama besar tetapi berlawanan arah terhadap benda yang kedua”.
Faksi = - Freaksi
B.   Gaya Berat dan Gaya Normal
1.    Gaya berat
    Gaya berat adalah gaya yang disebabkan oleh percepatan gravitasi bumi pada suatu benda. Arah gaya berat selalu menuju pusat bumi. Persamaan gaya berat dapat diturunkan dari Hukum kedua Newtton, yaitu :
F = m x a
Jika gaya (F) dianalogikan sebagai gaya berat (W), percepatan (a) dianalogikan dengan percepatan gravitasi(g), dan m adalah massa benda, maka persamaan gerak akibat gaya berat dapat ditulis:
W = m x a
2.    Gaya normal

      Gaya normal adalah gaya kontak yang tegak lurus terhadap permukaan  kontak. Gaya ini disebut gaya konta karena terjadi akibat dua benda bersentuhan 
semoga dapat membantu kalian semua yaa sobaat dalam belajar dan semoga bermanfaat

Artikel Terkait

Bunyi Hukum Newton 1, 2 dan 3, gaya berat dan gaya normal lengkap dengan penjelasan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email